Kenali Eko Hidraulik...

Tuesday, January 5, 2010

Kenali Eko Hidraulik...

Eko Hidraulik adalah ilmu nterdisipner yang memadukan antara komponen ekolagi dan komponen hidraulika. Perpaduan dua displin tersebut justru dalam perkembanganya dapat saling sinergis mutualisme, menguntungkan baik ditinjau dari sis ekologi dan hidraulik serta tingkat keberlanjutannya.

Sementara itu, masih banyak pembangunan sungai yang hanya berpola pada pendekatan hidraulik saja, yaitu dengan mengusahakan mpengaliran air permukaan secepatnya ke laut. Hal tersebut umumnya dilakukan dengan mmelakukan upaya seperti talud, sudetan , pelurusan sungai dan lain sebagainya.

Eko Hidraulik muncul untuk mengatasi konsep berfikir yang keliru tentang penanganan sungai seperti diatas. Bahwa dengan mengambil jalan pintas bagi penataan sungai tanpa memperhitungkan ekologi sungai adalah kurang tepat.

Kondisi yang ada menunjukkan bahwa upaya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya air sering memberikan dampak berubahnya kondisi fdisik sungai dari kondisi alamiahnya. misalnya untuk tujuan pengendalian banjir, alur sungai mungkin harus dipindah/diluruskan/diubah slope dasarnya dan dibuaut dengan konstruksi beton/batu kali pada tebing/ dasar sungai. Hal tsb tentunya akan berakibat berubahnya kondisi ekosistem sungai sebagai habitat bagi perkembangbiakan ikan dan organisme aquatik lainnya. Kondisi ekosistem perairan dapat mengalami perubahan ke arah yang kurang menguntungkakn bagi ikan untuk tumbuh dan berkembang biak, yang selanjutnya akan menyebabkan hilangnya beberapa jenis ikan akibat terputusnya siklus kehidupannya.

Konsep pembangunan dan penataan sungai dengan Eko Hidraulik dinilai merupakan unsur pengelolaan sungai yang tercantum dalam UU No. 7 tahun 2004 tentang Sumberdaya Air, yang menyebutkan bahwa dalam pengelolaan sungai ditekankan pada " One River One Plan One Integrated Manajemen".

Penerapan Eko Hidraulik ini pun membutuhkan keterlibatan dan kerja sama dari berbagai pihak. Mulai dari masyarakat , Pemerintah, para stakeholder yang menggunakan manfaat sungai.

Semoga keberhasilan tentang konsep Eko Hidraulik dapat dapat dimanfaatkan kita dan generasi penerus, seperti Jerman yang sudah lebih dulu menggunakan konsep tersebut.
Sehingga kita, masyarakat Indonesia dapat selalu mewariskan mata air bagi generasi penerus bangsa, bukan air mata bagi mereka.

4 comments:

  1. apa sebenarnya tentang konsep hidrolika tersebut?
    bagaimana cara kerjanya?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah berkunjung, Ilmu Hidraulika didefinisikan sebagai ilmu teknik yang mempelajari tentang perilaku aliran dimana di dalamnya ada ttg kehilangan energi akibat aliran, gaya-gaya yang ditimbulkan dsb. Sedangkan konsep eko hidraulik itu adalah suatu konsep pembangunan konstuksi dan prasarana keairan tanpa mengabaikan ekologi. Untuk lebih jelasnya, bisa email ke saya. Terima Kasih...

    ReplyDelete
  3. ilmu ekologi itu apa sih??

    ReplyDelete
  4. Garis besarnya Ekologi itu adalah ilm yang mempelajari ttg lingkungan...

    ReplyDelete